Thursday, August 19, 2010

Ramadan: Bulan Muhasabah.

Oleh : Ibn Ali [link]


Bersebabkan blog ini fokusnya pada politik Malaysia maka ia amat terbatas untuk saya suarakan politik sedunia. Tetapi tidak mengapalah. Mungkin owner blog ini ada sebab yang tersendiri mengapa dia buat macam itu, dan saya rasa tidak payah usiklah sebab apa dia buat macam itu. Itu hak dia. Dan ada apa pula dengan, Ramadan: Bulan Muhasabah?

Ketika zaman dahulu pada waktu Nabi gigih berjuang di kota Mekah sehingga mendapatkan kota Madinah, terdapatlah apa yang dipanggil sebagai bulan-bulan haram. Dan ada juga ayat di dalam AlQuran kita yang penuh kemuliaan menceritakan tentang perkara ini.

Saya quote:-

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram…” (QS. At Taubah:36)

Orang-orang arab pada masa Jahiliyah mengharamkan (mensucikan) bulan ini, mengagungkannya serta mengharamkan peperangan pada bulan-bulan ini. Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Bulan-bulan yang diharamkan (disucikan) itu hanya ada empat. Tiga bulan secara berururtan dan satu bulannya berdiri sendiri (tidak berurutan) lantaran adanya manasik Haji dan Umrah. Maka , ada satu bulan yang telah diharamkan (disucikan) yang letaknya sebelum bulan-bulan Haji, yaitu bulan Dzulqa’dah, karena ketika itu mereka menahan diri dari perang.

Sedangkan bulan Dzulhijah diharamkan(disucikan) karena pada bulan ini mereka pergi menunaikan ibadah Haji, dan pada bulan ini mereka menyibukkan diri dengan berbagai ritual manasik Haji. sebulan setelahnya, yaitu bulan Muharram juga disucikan karena pada bulan ini mereka kembali dari Haji ke negeri asal mereka dengan aman dan damai. Adapun bulan Rajab yang terletak di tengah-tengah tahun diharamkan (disucikan) karena orang yang berada di pelosok Jazirah Arabia berziarah ke Baitul Haram. Mereka datang berkunjung ke Baitul Haram dan kembali ke negeri mereka dengan keadaan aman.” (Tafsir Ibni Katsir)


Maka, tanpa niat melengah-lengahkan masa yang maseh berbaki di dalam bulan Ramadan Kareem ini apakah boleh kesemua para politikus tanah air di Malaysia mengambil berkat dalam bulan Ramadan dengan mengadakan gencatan senjata politik untuk memuhasabah perlakuan-perlakuan politik mereka semua 11 bulan sebelum Ramadan?

Anda mampu mengubahnya!

(Quote tanpa izin di
sini.)

0 comments: